Rabu, 27 Mei 2015

فى اختيار العلم والأستاذ والشريك والثبات

المقالة
فى اختيار العلم والأستاذ والشريك والثبات
نقدم المقالة لوظيفة "مطالعة" الذي يرشده الأستاذ عبدالمقيت الما جستير

Description: IAIN LOGO

بقلم :
الفى نور مالا سارى : 084122069

الجامعة الإسلامية الحكمية جمبر
قسم التربية شعبة تعليم اللغة العربية

فى اختيار العلم والأستاذ والشريك والثبات

وينبغى لطالب العلم أن يختار من كل علم أحسنه وما يحتاج إليه فى أمر دينه فى الحال، ثم ما يحتاج إليه فى المآل. ويقدم علم التوحيد والمعرفة ويعرف الله تعالى بالدليل، فإن إيمان المقلد ـ وإن كان صحيحا عندنا ـ لكن يكون آثما بترك الإستدلال. ويختار العتيق دون المحدثات، قالوا: عليكم بالعتيق وإياكم بالمحدثات، وإياك أن تشتغل بهذا الجدال الذى ظهر بعد انقراض الأكابر من العلماء، فإنه يبعد عن الفقه ويضيع العمر ويورث الوحشة والعداوة، وهو من أشراط الساعة وارتفاع العلم والفقه،كذا ورد فى الحديث.
أما اختيار الأستاذ: فينبغى أن يختارالأعلم والأورع والأسن، كما اختار أبو حنيفة، رحم الله عليه، حماد بن سليمان، بعد التأمل والتفكير، ، قال: وجدته شيخا وقورا حليما صبورا فى الأمور. وقال: ثبت عند حماد بن سليمان فنبت.
وقال أبو حنيفة رحمة الله عليه: سمعت حكيما من حكماء سمرقند قال: إن واحدا من طلبة العلم شاورنى فى طلب العلم، وكان قد عزم على الذهاب إلى بخارى لطلب العلم. وهكذا ينبغى أن يشاور فى كل أمر، فإن الله تعالى أمر رسوله عليه الصلاة والسلام بالمشاورة فى الأمور ولم يكن أحد أفطن منه، ومع ذلك أمر بالمشاورة، وكان يشاور أصحابه فى جميع الأمور حتى حوائج البيت. قال على كرم الله وجهه: ما هلك امرؤ عن مشورة. قيل: [الناس] رجل [تام] ونصف رجل، ولا شيئ فالرجل: من له رأي صائب ويشاور العقلاء، ونصف رجل: من له رأي صائب لكن لا يشاور، أو يشاور ولكن لا رأي له، ولا شيئ: من لا رأي له ولا يشاور. وقال جعفر الصادق لسفيان الثورى: شاور فى أمرك الذين يخشون الله تعالى. فطلب العلم من أعلى الأمور وأصعبها، فكانت المشاورة فيه أهم وأوجب. قال الحكيم رحمة الله عليه: إذا ذهبت إلى بخارى فلا تعجل فى الإختلاف إلى الأئمة وامكث شهرين حتى تتأمل وتختار أستاذا، فإنك إن ذهبت إلى عالم وبدأت بالسبق عنده فربما لا يعجبك درسه فتتركه فتذهب إلى آخر، فلا يبارك لك فى التعلم.    فتأمل فى شهرين فى اختيار الأستاذ، وشاور حتى لا تحتاج إلى تركه والاعراض عنه فتثبت عنده حتى يكون تعلمك مباركا وتنتفع بعلمك كثيرا.


MEMILIH ILMU, GURU, DAN TEMAN
            Bagi pelajar, dalam masalah ilmu hendaklah memilih mana yang terbagus dan dibutuhkan dalam kehidupan agamanya pada waktu itu, lalu untuk waktu yang akan datang.
             Hendaknya lebih dahulu mempelajari ilmu tauhid, mengenali Allah lengkap dengan dalilnya. Karena orang yang imannya hanya taklid sekalipun menurut pendapat kita sudah syah, adalah tetap berdosa karena ia tidak mau beristidlal dalam masalah ini.
Hendaknya pula memilih ilmu-ilmu yang kuno, bukan yang baru lahir. Banyak ulama berkata : Tekunilah ilmu kuno, bukan yang baru saja ada. Awas, jangan sampai terkena pengaruh perbantahan yang tumbuh subur setelah habisnya ulama besar, sebab menjurus untuk menjauhkan pelajar dari mengenali fiqih, hanya menghabiskan usia dengan tanpa guna, menumbuhkan sikap anti-pati/buas dan gemar bermusuhan. Dan itulah termasuk tanda-tanda kiamat akan tiba serta lenyapnya fiqih dan pengetahuan-pengetahuan lain, demikianlah menurut hadits.
Dalam memilih guru, hendaklah mengambil yang lebih alim, waro', dan juga lebih tua usianya. Sebagaimana Abu Hanifah setelah lebih dahulu memikir dan mempertimbangkan lebih lanjut, maka menentukan pilihannya kepada tuan Hammad Bin Abu Sulaiman.
             Dalam hal ini dia berkata : “Beliau saya kenal sebagai orang tua yang budi luhur, berdada lebar serta penyabar. Katanya lagi: saya mengabdi di pangkuan tuan Hammad Bin Abu Sulaiman, dan ternyata sayapun makin berkembang”.
              Abu Hanifah berkata : “Saya mendengar salah seorang ahli hikmah Samarkand berkata: Ada salah seorang pelajar yang mengajakku bermusyawarah mengenai masalah-masalah mencari ilmu, sedang ia sendiri telah bermaksud ke Bukhara untuk belajar disana”.
Demikianlah, maka seharusnya pelajar suka bermusyawarah dalam segala hal yang dihadapi. Demikian, karena Allah Swt memerintahkan Rasulullah Saw. Agar memusyawarahkan segala halnya. Toh tidak ada orang lain yang lebih pintar dari beliau, dan masih diperintahkan musyawarah, hingga urusan-urusan rumah tangga beliau sendiri.
Ali ra berkata : Tiada seorangpun yang rusak karena musyawarah", Ada dikatakan : "Satu orang utuh, setengah orang dan orang tak berarti. Orang utuh yaitu yang mempunyai pendapat benar juga mau bermusyawarah, sedang setengah orang yaitu yang mempunyai pendapat benar tetapi tidak mau bermusyawarah, atau turut bermusyawarah tetapi tidak mempunyai pendapat, dan orang yang tidak berarti adalah yang tidak mempunyai pendapat lagi pula tidak mau ikut musyawarah”. Kepada Sufyan Ats-Tsuriy, Ja'far Ash-Shodik ra berkata: Musyawarahkan urusanmu dengan orang-orang yang bertaqwa kepada Allah”.
               Menuntut ilmu adalah perkara paling mulia, tetapi juga paling sulit. Karena itulah, musyawarah disi lebih penting dan diharuskan pelaksanaannya.
             Al-Hakim berucap : Jikalau engkau pergi ke Bukhara, janganlah engkau ikut-ikut perselisihan para imam. Tenanglah lebih dulu selama dua bulan, guna mempertimbangkan dan memilih guru. Karena bisa juga engkau pergi kepada orang alim dan mulai belajar kepadanya, tiba-tiba pelajarannya tidak menarik dan tidak cocok untukmu, akhirnya belajarmupun tidak dapat berkah. Karena itu, pertimbangkanlah dahulu selama dua bulan untuk memilih gurumu itu, dan bermusyawarahlah agar tepat, serta tidak lagi ingin berpindah ataupun berpaling dari guru tersebut. Dengan begitu, engkau mendapat kemantapan belajar di situ, mendapat berkah dan banyak kemampaatan ilmu yang kamu peroleh”.







مفردات
اختار – يختار            : Memilih
مختاج                     :Berhajat
يعرف                     :Mengenali
ترك – يترك              :Meninggalkan
العتيق                     :Ilmu Kuno
يضيّع                      :Menghabiskan
طلب العلم                 :Mencari Ilmu
يشاور                      :Bermusyawarah
إختلاف                    :Mempertimbangkan
مبارك                     :Berkah






أجب هذه الأسئلة!
1.     ما الموضوع هذه المقالة؟
2.     كيف أن يختار في  الطالب العلم؟
3.      كيف اختيار الأستاذ؟
4.     كيف رأي جمهر العلامء عن اختيار العلم؟
5.     ما قال على كرم الله وجهه؟
رتب هذه الكلمة إلى جملة المفدة!
1.     ما- وينبغى- كل- أحسنه- لطالب العلم- يختار- فى- أن- علم- من- دينه- الحال- و- يحتاج- فى- أمر- إليه
2.     و- لطلب العلم- على- كان- الذهاب- بخارى- قد- إلى -عزم
3.     علم- الله - والمعرفة- التوحيد- ويعرف- بالدليل- ويقدم- تعالى
4.     وأوجب- من- المشاورة- فيه- فطلب العلم- أعلى- الأمور- فكانت - وأصعبها،- أهم
5.     كثير- والاعراض- عنده- تحتاج- وشاور- حتى - حتى- يكون- مباركا- وتنتفع- إلى-  بعلمك - فتثبت – لا- عنه- تعلمك







قواعد النحو
 علامة العرب الرفع                                           الاسم المفرد
                                                                   جمع التكثير
                              الضمة                              جمع المؤنث السالم
الفعل المظرع الذى ولم يتصل بأخره شيئ
الرفع                         الواو                               جمع المذكر السالم
الاسمأ الخمسة
                              الاف                                الاسمأ المثنى

                               سوبت النون                      الافعل الخمسة
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar